Tuesday, September 13, 2011

Dasar iklan hari 1 (9/11)

Hari Jumat minggu lalu, saya mengikuti kelas iklan yg diajarkan oleh Bpk. Santo Tjhin.
Sesungguhnya saya tidak begitu mengerti pengejaan namany yg benar.. (jadi sori pak kalo salah)

Pada hari itu, kami belajar tentang dasar-dasar yg diperlukan oleh seorang yg bekerja di dunia periklanan.
Sebagai bahan resensi, kami mengkritisi beberapa iklan-iklan yang ada di media-media, khusunya media TV.
Beberapa iklan seperti Sosis So Nice, Tori-tori cheese crackers mendapat sorotan tajam dari bapak dosen.

Pada pertemuannya kali itu, saya baru mengetahui profesi sesungguhnya, dari kami(anak Fikom) setelah lulus nantinya. Sesungguhnya, sebagai seorang sarjana komunikasi, kami tidak harus menguasai skill multimedia terutama dalam hal desain grafis.(buat anak iklan).

Karena sesungguhnya, meskipun nantinya bekerja di dunia periklanan, kami tidak sebagai pembuat desain, logo, ato pekerjanya, melainkan nantinya kami adalah sebagai frontliner, pemberi ide-ide, copywritter, bahkan bertindak sebagai semacam PR buat perusahaan.

Kalau kami bisa menguasai multimedia, itu dinilai sebagai nilai tambah untuk profesi kamu nantinya..

Saya jg baru mengetahui bahwa pembuatan brand, logo, bahkan sistem periklanan dan pemasaran serta pensurveian menjadi tanggung jawab kami nantinya.

Yang terakhir, kami diberi tugas untuk membuat blog. Hal ini dimaksudkan untuk membangun citra kami nantinya. Pak Santo mengajarkan kami bahwa kami adalah PR bagi diri kami sendiri, dan sebagai langkah awalny, kami diajarkan memasarkan hal-hal yang positif tentang kami di media-media massa(terutama sosial). Nantinya penilaian positif perusahaan juga dipengaruhi dari penggunaan secara bijak terhadap media-media sosial yang kami gunakan.

No comments:

Post a Comment